Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

KOLABORASI KEMENANGAN : IKUT MEMERIAHKAN HUT RI KE-79 KKM KELOMPOK 11 BERHASIL MENANG LEWAT KARYA KEBUDAYAAN

KOLABORASI KEMENANGAN : IKUT MEMERIAHKAN HUT RI KE-79 KKM KELOMPOK 11 BERHASIL MENANG LEWAT KARYA KEBUDAYAAN


Perayaan HUT RI dilaksanakan dalam wilayah desa, dan bertempat di lapangan Cimenteng. Kegiatan rutin yang dilakukan adalah pawai kostum unik dan hasil bumi yang dikemas dalam wadah khusus yang dikenal dengan istilah dongdang. Kostum dan dongdang diperlombakan setiap tahun, pada tahun ini akan dipilih kostum dan dongdang terbaik tingkat desa.


KKM 11 IUQI ikut berperan dalam kegiatan 17 Agustus di desa Puraseda melalui partisipasi pembuatan dongdang untuk RW 10 kampung cengal. Tema dongdang yang digunakan dalam pawai kali ini adalah nusantara dengan tambahan desain motif batik yang khas. Dongdang ini kemudian di isi dengan berbagai hasil bumi dari masyarakat sekitar, seperti buah-buahan, sayuran, dan tumpeng.


Para anak hingga orang tua antusias dengan kegiatan ini, mereka berbondong-bondong menuju lapangan Cimenteng dengan menggunakan kostum unik untuk mengikuti upacara bendera sekaligus penilaian kostum dan dongdang terbaik.


Upacara bendera berjalan dengan khidmat dengan pengibaran yang dilakukan oleh pasukan siswa/i SMA. Acara semakin dengan adanya penampilan marching band, tampilan siswa/i SD sekitar desa Puraseda, dan paduan suara. Adapula Lomba tradisional yang diselenggarakan oleh perkumpulan guru PJOK diantaranya lomba bakiak dan dagongan (sejenis permainan tarik tambang dengan menggunakan bambu besar)


Dalam HUT ke-79 yang kental akan kearifan lokal dan festival budaya ini, RW 10 berhasil meraih juara 1 pada kategori dongdang terbaik. Para aparatur RW setempat memberikan apresiasi kepada mahasiswa KKM 11 IUQI atas partisipasi dan bantuannya untuk membuat dongdang. Hal ini pula menjadi sebuah pencapaian yang baik bagi mahasiswa KKM 11 IUQI karena dapat membanggakan nama lokasi KKM.


@KKM 11 PURASEDA.

Diberdayakan oleh Blogger.