Selamat Datang di penadiksi.com | *Mohon maaf jika terjadi plagiat/copy karya kalian oleh penulis di web ini, segera laporkan ke penadiksishop@gmail.com karena kami bergerak dalam pengembangan penulis, baik untuk pemula atau profesional dan keterbatasan kami dalam penelusuran terkait karya, kami ucapkan Mohon Maaf🙏*

MAHASISWA KKM 11 IUQI MENGGAET MASYARAKAT UNTUK PEDULI LINGKUNGAN LEWAT PROGRAM KAMBERA (KEGIATAN PEMBERSIHAN DAN KERAPIHAN) SUNGAI PURASEDA

MAHASISWA KKM 11 IUQI MENGGAET MASYARAKAT UNTUK PEDULI LINGKUNGAN LEWAT PROGRAM KAMBERA (KEGIATAN PEMBERSIHAN DAN KERAPIHAN) SUNGAI PURASEDA


Masyarakat desa Puraseda, khususnya di kampung cengal belum memiliki kesadaran yang baik mengenai pengelolaan sampah. Mereka masih membuang sampah ke bantaran sungai. Sampah yang dibuang pun beragam, mulai dari organik, anorganik, bahkan barang rumah tangga bekas seperti kasur. Hal ini tentu membuat lingkungan menjadi tercemar dan tidak asri lagi. 


Dalam pertemuan pembukaan dengan aparatur desa, M. Saprudin selaku sekretaris desa menyampaikan keluh kesahnya mengenai sampah yang datang dari hulu sungai (Dusun 2). Berdasarkan aduan ini, KKM 11 berinisiatif untuk membuat program bersih sungai bersama warga.


Puluhan warga dan mahasiswa saling bergotong royong dan bekerjasama untuk membersihkan lingkungan sekitar desa. Di ketuai oleh Tafriza Imam Amrullah, dalam rapat persiapan menyampaikan bahwa aksi ini harus dilakukan sebagai bentuk kepedulian kita terhadap lingkungan juga untuk menjaga lingkungan tetap nyaman dan aman dari penyakit.


Aksi ini dilakukan pada Minggu, 1 September 2024 di kampung cengal desa puraseda dengan berpusat pada aliran sungai. 


Sebelum aksi KAMBERA, masyarakat diberikan pembekalan mengenai sampah. Pembekalan ini dilakukan di majlis ta'lim Baitul Hikmah pada Jumat, 30 September. Hal-hal terkait yang disampaikan diantaranya mengenal jenis-jenis sampah dan cara pengolahannya, dampak negatif sampah, dan menumbuhkan kesadaran lingkungan.


Setelah aksi KAMBERA, kegiatan ditutup dengan makan bersama antara warga dan mahasiswa sebagai ajang menjalin silaturahmi. Para warga mengapresiasi aksi yang diusung mahasiswa dan antusias untuk ikut serta dalam upaya peduli lingkungan ini agar tercipta lingkungan yang kembali asri.


@KKM 11 PURASEDA.

Diberdayakan oleh Blogger.